Yohanes Chandra Ekajaya Tips Merawat Lensa Kamera DSLR

Lensa dan kamera DSLR adalah peralatan yang sangat penting dalam fotografi. Buat kalian yang punya lensa dan kamera wajib hukumnya untuk merawat keduanya. Lensa dan kamera sangat rentan terhadap debu dan jamur. Kenali peralatan fotografi kalian dan peajari cara merawatnya agar tahan lama.

 

Berikut adalah beberapa tips dari om Yohanes Chandra Ekajaya untuk merawat lensa dan kamera DSLR kalian :

 

Memberikan pelindung fisik untuk lensa dan kamera

 

Hal yang bisa kalian adalah memberi perlindungan secara fisik untuk lensa dan kamera DSLR. Om Yohanes Chandra Ekajaya mengutarakan caranya ialah kalian bisa memasang screen protector dan body armor untuk kamera. Sedangkan untuk lensa kalian bisa memasang filter UV di depan lensa. Hal ini bertujuan untuk menghindari kontak langsung antara lensa/ kamera dengan benda lainnya. Sehingga mengurangi resiko lensa dan kamera kalian tergores.

 

Menjaga kebersihan lensa dan kamera setelah digunakan

 

Selalu bersihkan kamera DSLR dan lensa kalian setiap selesai digunakan. Jadi kalo kalian abis motret ga ada salahnya kalian bersihkan dulu kamera DSLR dan lensanya sebelum disimpan. Mencegah kan lebih baik dan lebih murah daripada nyesel nanti kalo lensa dan kameranya ga pernah dibersihin dan tau-tau jamuran. Berapa coba biaya yang harus dikeluarin, lebih murah kalo kita mencegah dari awal.

 

Copot lensa dari body kamera sebelum disimpan

 

Sebelum di simpan ada baiknya kalian lepas lensa dari body kamera dan menutupnya rapat-rapat kata om Yohanes Chandra Ekajaya, baik itu lensa maupun kamera dengan cap (penutup) masing-masing. Selain lensa kalian juga bisa mencopot batrei dan memory card dari body kamera kalian. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kerusakan elektrik kamera kalian.

 

Tempatkan di tempat yang kering

 

Selanjutnya hal yang harus kalian perhatikan adalah kelembapan tempat kalian menyimpan lensa dan kamera DSLR. Tempat yang terlalu lembap akan menjadi tempat yang baik bagi pertumbuhan jamur. Usahakan selalu menempatkan lensa dan kamera DSLR kalian di tempat yang kering ya. Atau kalian bisa menggunakan Dry-Box untuk menyimpan peralatan fotografi kalian (lensa dan kamera DSLR).

 

Clean Image Sensor

 

Ada fitur di dalam kamera untuk membersihkan sensor kamera, yaitu fitur clean image sensor. Gunakan fitur pembersih sensor tersebut secara berkala, atau kalian bisa menyettingnya secara otomatis di kamera kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *