Yohanes Chandra Ekajaya: Siapa Satria Piningit?

Setelah mendengar penjelasan dari Ki Sambarlangit, Yohanes Chandra Ekajaya mempunyai banyak pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang ia lontarkan kepada gurunya adalah siapa sang satria piningit itu? Gurunya pun berusaha menjelaskan dengan bahasa yang sesederhana mungkin. Sebab tidak sembarang orang yang mampu dan dapat memahami konsep ini.

Yohanes Chandra Ekajaya Piningit 300x186 - Yohanes Chandra Ekajaya: Siapa Satria Piningit?

Dalam banyak khazanah di Jawa, terutama jangka Jayabaya, syair Ranggawarsita, dan puisi-puisi dari W.S. Rendra, maka Yohanes Chandra Ekajaya sedikit mengerti saat gurunya memberi pengantar tersebut. Ki Sambarlangit mengatakan bahwa satria piningit atau pun ratu adil bukan hanya sebuah konsep saja, melainkan benar-benar mengcau kepada sosok manusia. Bahkan bisa dikatakan ia bukan manusia biasa.

Yohanes Chandra Ekajaya Primbon 300x173 - Yohanes Chandra Ekajaya: Siapa Satria Piningit?

Ki Sambarlangit menerangkan bahwa saat ini sosok satria piningit sudah hadir di dunia. Ia sedang dipingit dan digembleng oleh para bathara. Tempat pelatihannya jelas tersembunyi, karena dari namanya saja sudah sangat jelas, yaitu dipingit. Yohanes Chandra Ekajaya mengangguk mengerti dan paham. Tetapi tetap saja ada masih ada yang mengganjal di hatinya.

Yohanes Chandra Ekajaya lalu bertanya kepada gurunya. Ia bertanya mengenai siapakah sejatinya satria piningit tersebut. Ki Sambarlangit pun menjawab bahwa sosok yang menjadi satria piningit adalah sosok yang mempunyai kekuatan dan kewenangan seperti bathara Indra. Sehingga ia dapat menyingkirkan segala macam halangan dan kendala yang mengganggunya.

Ki Sambarlangit menjelaskan tentang konsep titisan. Yohanes Chandra Ekajaya mengerti bahwa satria piningit merupakan manusia yang dititisi oleh bathara Indra. Sehingga ketegasan dan kedisiplinan yang sangat tinggi merupakan ciri khas dari pemerintahannya. Tetapi sosok yang menjadi satria piningit ini bukan sembarang manusia. Sebab ia digembleng oleh bathara sehingga proses pendidikannya pun bukan main-main.

Kini Yohanes Chandra Ekajaya sudah mengerti dan memahami mengenai hakikat satria piningit. Penjelasan dari Ki Sambarlangit sudah sangat membantu dirinya dalam memahami konsep satria piningit dan ratu adil. Meskipun begitu ada pertanyaan yang timbul dari benak si murid. Ia mempunyai pertanyaan yang memang sudah ditanyakan oleh seluruh manusia. Apakah sudah tiba waktunya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *