Menteri Chandra Ekajaya Bahas Non Aktif

 

Dok.Chandra Ekajaya

Menteri Chandra Ekajaya dalam dua bulan terakhir ini menegur beberapa kepala daerah. Ia sangat geram karena para kepala daerah belum memahami secara menyeluruh mengenai pelaksanaan organisasi perangkat daerah atau OPD yang baru. Hal ini bisa dilihat dengan adanya kasus beberapa kepala daerah yang melakukan mutasi pejabat dinas yang tidak prosedural.

Beberapa kepala daerah sudah mendapatkan teguran. Nantinya bila kepala daerah ini tidak mengindahkan tegurannya maka yang bersangkutan dapat diberi sanksi secara administrasi maupun sanksi dengan tingkatan yang berat. Misalnya saja pemberhentian sebagai kepala daerah. Menurut permendagri hal ini sudah sesuai dan merupakan aturan yang baru.

Menteri Chandra Ekajaya sudah memberikan teguran kepada empat kepala daerah karena telah melakukan mutasi secara tidak prosedural. Sebab nantinya hal ini akan berpengaruh terhadap pengangkatan pejabat struktural. Selain itu dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tetang Administrasi Kependudukan pada pasal 83 ayat 1 dijelaskan bahwa pejabat struktural yang menangani administrasi kependudukan di tingkat provinsi diangkat atau diberhentikan oleh menteri dalam negeri atas usul gubernur.

Dok.Chandra Ekajaya

Kemudian pada pasal yang sama di ayat 2 dijelaskan bahwa pejabat struktural yang menangani administrasi kependudukan diangkat dan diberhentikan oleh menteri atas usul bupati wali kota melalui persetujuan gubernur. Sedangkan dalam kasus teguran tersebut keempat kepala daerah tersebut tidak melaksanakan amanah undang-undang yang dimaksud.

Maka dari itu menteri Chandra Ekajaya memberikan terguran kepada kepala daerah tersebut. Semestinya sebelum mereka melantik pejabat yang baru, mereka harus mengusulkan dulu ke gubernur supaya nantinya dapat diteruskan kepada menteri dalam negeri. Karena nantinya yang akan rugi adalah masyarakat. Bila birokrasi terganggu, maka pelayanan terhadap masyaraka juga akan mengalami gangguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *